More About Me...

Hi...this is my site

Joint the community

here is the text

Bagaimana Memilih Kamera.

Teknologi kamera digital memberikan kita pilihan yang luar biasa untuk sebuah kamera. Anda bisa memiliki sebuah kamera mungil yang dapat dimasukkan dalam saku baju. Padahal, untuk fungsi yang sama 10 tahun yang lalu, ukuran kamera pasti tidak kurang dari 1 kotak susu. Fungsi yang ditawarkan pun sangat beragam. Mulai dari hanya sebuah kamera digital sampai dengan kamera sekaligus video recorder, organizer, dan penyimpan data lainnya.

Nah, dengan banyaknya pilihan tersebut apa yang menjadi criteria untuk memilih satu kamera tertentu. Berikut beberapa tips yang mungkin memudahkan Anda menentukan pilihan. Intinya (1) tetapkan output ingin Anda peroleh, (2) keterampilan Anda dalam mengoperasikan, (3) bagaimana kegiatan pemotretan, (4) fungsi lainnya, dan (5) anggaran.


Output yang Anda inginkan

Untuk apa hasil foto akan digunakan? Sekedar untuk screen saver di monitor PC Anda? Dicetak ukuran 4R, untuk sticker atau akan dicetak dalam ukuran A0? Semakin besar ukuran cetak maka semakin besar pixel yang Anda perlukan. Untuk keperluan screen saver di PC kamera dengan kemampuan 2 megapixel atau 3 megapixel sudah memadai. Untuk jenis ini Anda dpat memilih Canon A640, Olympus C160 dan lainnya.

Untuk dicetak pada ukuran 10 sampai ukuran poster A1, Canon 350D atau Nicon D50 merupakan pilihan yang tepat. Bila Anda akan mencetak hinga ukuran A0 Anda akan membutuhkan kamera dengan kemampuan di atas 10 megapixel. Anda dapat memilih Canon 5D atau Canon 1D.


Keterampilan Anda dalam Pengoperasikan

Perhatikan juga kemampuan Anda dalam mengoperasikan kamera dan peralatan fotografi lainnya. Kalau Anda sudah mahir dalam mengatur rana, shutter speed, iso dan setting lain pada kamera, maka kamera yang memiliki features manual merupakan pilihan terbaik. Dengan menu pilihan manual dan setting kreatif akan memberikan efek yang luar biasa pada foto. Namun bila Anda masih awam dalam menggunakan kamera, maka kamera yang banyak memberikan setting automatis pilihan terbaik. Dengan demikian Anda tidak perlu repot menentukan setting yang digunakan.

Bagaimana Kegiatan Pemotretan,

Membayangnkan bagaimana kondisi Anda dalam memotret juga sangat menentukan pilihan. Kegiatan yang banyak dilakukan dengan kondisi nyaman, dalam studio, tempat rekreasi yang tenang memungkinkan kita memilih kamera yang berbadan besar. Misalnya Canon 30D, Nicon D70, Olympus 510. Namun bila kita dalam kondisi mobilitas yang tinggi, keramaian, dan ruang yang sempit, maka kamera pocket adalah pilihan yang terbaik. Contoh kamera ini seperti Nicon coolpix 7900, Canon 710Is atau Canon seri Ixus.

Fungsi lainnya, dan

Bila Anda akan menggunakan kamera Anda untuk keperluan lain seperti membuat video atau menyimpan file maka carilah kamera dengan feature yang variatif. Biasanya kamera yang memiliki feature ini lebih mahal disbanding yang lainnya. Bila Anda tidak memerlukan feature selain membuat foto, jangan membuang uang hanya untuk fungsi yang tidak akan pernah Anda gunakan.

Anggaran yang tersedia.

Seperti disebut di atas, pilihan untuk kamera digital sangat banyak. Apapun pilihan semua kembali pada budget yang tersedia bukan? Bila point 1 dan 4 sudah Anda tentukan point ke 5 adalah mandatory (saran saya). Artinya, jangan membuang uang untuk fungsi yang tidak akan digunakan. Namun juga menurunkan spesifikasi dan kebutuhan untuk menyesuaikan dengan budget yang tersedia juga tidak tepat. Saran saya jangan memaksakan untuk membeli kamera dengan kondisi anggaran terbatas. Tunggulah beberapa saat hingga dana cukup untuk membeli kamera dengan spesifikasi yang memadai bagi Anda.

0 comments:

Posting Komentar